Preaload Image

Santri Peduli di Bulan Ramadhan

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, Sebuah organisasi Rohani Islam SMK Telkom Bandung  sedang menggelar acara yang dilaksanakan tiap tahunnya sebagai sarana untuk memperbaiki diri dan meningkatkan kualitas keimanan, acara ini dilaksanakan empat kali di hari dan waktu yang berbeda.

Kondisi seperti inilah yang sangat dinantikan warga SMK Telkom Bandung sebab, acara ini dilaksanakan secara online yaitu live youtube. Sementara itu ketua rohis menjelaskan dalam wawancara online Kamis (30/04/2020) mengenai sadulur ini.Pertama,sanlat ramadhan yang di laksanain online streaming di youtube rohis care bertujuan agar sanlat ramadhan tetap berjalan bagaimana semestinya walau dalam kondisi pandemic ini supaya warga SMK Telkom Bandung dapat memperoleh ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat. Acara ini diwajibkan untuk kelas X dan XI. Sedangkan guru memberikan tugas kepada siswa dan siswi untuk merangkum isi materi kajian yang disampaikan oleh pemateri, jelasnya.

Walaupun dalam kondisi seperti ini Rohis SMK Telkom Bandung masih bisa melaksanakan dakwah kepada Warga SMK Telkom Bandung dengan kajian yang di sajikan dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari karena tema dalam kajiannya sangat menarik dan sangat di butuhkan oleh Warga SMK Telkom Bandung.

rohis-menunggu-sanlat-2.0
Persiapan Sanlat 2.0 SMK Telkom Bandung, Kamis (30/04/2020)

Dalam kegiatan kajian online yang dilaksanakan oleh tim rohis SMK Telkom Bandung ini tentunya sangat melibatkan banyak peralatan yang harus disiapkan oleh panitia rohis SMK Telkom Bandung, termasuk menyiapkan kamera,PC,mic dan lain sebagainya.

Guru PAI SMK Telkom Bandung,Vyanti Rahmani mengingatkan agar selalu stay tune dengan kajian online ini dibandingkan nonton drama korea ataupun ngegame terangnya.

Baca Juga:Pandemi Virus Corona

rohis-persiapan-sanlat-2
Proses Perekeman Live Youtube Sanlat 2.0 SMK Telkom Bandung

Mengutip arahan sekolah dan dinas, untuk meningkatkan pembiasaan amaliah dibulan Ramadhan ini. Siswa/i SMK Telkom Bandung diharuskan melaporkan evaluasi ibadah harian selama bulan Ramadhan dan kemudian di share ke masing-masing penanggung jawab kelasnya dan akan di ingatkan setiap harinya. Arahan ini bertujuan agar menjadi motivasi untuk terus memperbaiki diri setiap harinya sekaligus berlomba-lomba dalam kebaikan.

rohis-live-youtube-sanlat-2.0
Live Youtube Sanlat Ramadhan 2.0 SMK Telkom Bandung

Acara  Live diselenggarakan secara online di Youtube dengan akun Rohis SMK Telkom Bandung, dipandu oleh Yopi Yudha Febrian dan pemateri Ustadz Jemmy A Gumilar. Beliau merupakan founder metode tes dengan materi yang disampaikan yaitu, produktivitas selama ramdhan dan fiqh praktis dahsyatnya Alquran di bulan Ramadhan.

Menurutnya keproduktivitas kita dapat dilihat dengan membandingkan berapa banyak kita membuka HP dan bandingkan Alquran namun membuka HP tergantung dengan aktivitas yang akan dilakukannya dan jangan jadikan diri kita lalai dalam membaca Alquran karena tidak menjadikannya sahabat dalam aktivitas sehari-hari dan juga tidak menyamakan Alquran dengan kerja yang harus dibayar dulu untuk melakukan aktivitas tersebut.

Baca Juga: Puasa dan Tarawih ditengah wabah Corona, Semua Normal Kecuali….

Vyanti Rahmani juga menambahkan dalam pelaksanaan Kajian Online tersebut untuk menjaga ucapan dan adab ketika dimajelis ilmu tersebut dengan tidak komen sembarangan atau hal yang tidak penting dan tidak semestinya.”Ibu sangat apresiasi sekali dan bahkan menjadi nilai plus bila ada yang mengomentari positif, menyemangati dan sering bertanya seputar materi yang disampaikan pemateri dan Semoga di bulang Ramadhan ini kita senantiasa dijaga oleh Allah dari buruknya hawa nafsu kita” tutupnya.

Bagian Artikel Ini

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *