Preaload Image

QnA Seputar PKL 2021

PKL merupakan singkatan dari Praktik Kerja Lapangan. Kegiatan PKL ini merupakan kegiatan wajib bagi siswa tingkat SMK untuk memberikan pengalaman belajar secara langsung dari dunia kerja dan untuk meningkatkan kompetensi, karakter, kemandirian siswa sesuai dengan kurikulum dan kebutuhan dunia kerja.

PKL dilaksanakan dengan mematuhi Protokol Kesehatan covid-19. Adapun pelaksanaannya dapat secara online/tidak langsung maupun secara onsite (offline)/langsung.

PKL yang dilaksanakan secara jarak jauh dengan memanfaatkan internet dan media digital. Dalam pelaksanaannya peserta PKL melakukan pekerjaannya secara Work Form Home (WFH)/ Bekerja dari rumah dan melakukan konsultasi/ bimbingan terkait pekerjaan/ penugasan/ project secara online dengan pembimbing perusahaan.

PKL yang dilaksanakan secara langsung di perusahaan/ industri/ instansi penyelenggara PKL. Dalam pelaksanaannya peserta PKL melakukan pekerjaan/ tugas/ project secara langsung di lokasi tempat PKL dengan pengawasan pembimbing perusahaan.

12 Juli – 24 September 2021

Ada yaitu

Sebelum PKL
Pra PKL: 30 April 2021 ; 7, 21, 28 Mei 2021 ; 4 Juni 2021 ; 5 – 9 Juli 2021.

Setelah PKL
Pembuatan dan verifikasi laporan PKL: 1 September – 1 Oktober 2021.
Sidang/ Penilaian PKL : 4 – 8 Oktober 2021.

Sosialisasi PKLPra PKLPelaksanaan PKLPenilaian/ Sidang PKL

Program Pra PKL adalah kegiatan persiapan dan pembekalan calon peserta PKL sebelum pelaksanaan PKL.

Program Pra PKL dilaksanakan secara online.

Yang dilakukan sesuai dengan job desk yang ditentukan oleh perusahaan / industri. Bisa jadi, pekerjaan kurang sesuai dengan yang dipelajari di sekolah

Ya sesuai hari kerja. kecuali, ada informasi terkait penyesuaian jadwal PKL yang disampaikan oleh perusahaan / industri

Siswa akan mengerjakan pekerjaan yang diberikan oleh tempat PKL sesuai dengan ketentuan yang diberikan oleh perusahaan.

Selama pelaksanaan PKL, orang tua dapat melakukan monitoring kehadiran siswa setiap hari kerja dan melakukan koordinasi dengan pembimbing sekolah.

  1. Mengisi angket PKL di http://bit.ly/ANGKETPKL2021 
  2. Mengisi FORM KESEDIAAN MENGIKUTI PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL)
  3. Mengisi SURAT PERNYATAAN MENGIKUTI PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) ONSITE/ LANGSUNG DI LOKASI
  1. Mengisi angket PKL di http://bit.ly/ANGKETPKL2021
  2. Mengisi FORM KESEDIAAN MENGIKUTI PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL)

Keterampilan Hardskill dan Softskill.

Untuk Hardskill, keterampilan yang siswa pelajari di sekolah (mata pelajaran) hingga kelas XI

Untuk Softskill, keterampilan yang siswa akan dapatkan di luar mata pelajaran (program- program sekolah: Patriot, Kampiun, Ekstrakurikuler, Skill Development Day, dan khususnya PRA PKL)

Calon peserta PKL dapat mengajukan lokasi PKL secara mandiri. Bagi yang tidak mengajukan tempat PKL akan ditempatkan oleh sekolah ke perusahaan yang bekerjasama dengan SMK Telkom Bandung atau akan dilaksakan PKL secara online.

Disesuaikan dengan kebutuhan di industri. Bisa jadi sesuai, bisa jadi tidak.

PKL dapat dilaksanakan di semua daerah di Indonesia. Khusus pelaksanaan di luar bandung, proses pembimbingan dan koordinasi dari sekolah dengan perusahaan dilakukan secara online.

Ya, jika memang ada perusahaan yang melakukan kerjasama PKL dengan SMK Telkom Bandung atau siswa melakukan pengajuan tempat PKL secara mandiri di tempat yang diinginkan (tempat PKL sesuai dengan kompetensi keahlian siswa).

Ya boleh. Selama perusahaan/ industri tersebut bersedia untuk memberikan pekerjaan/ penugasan/ project secara online dan melakukan proses pemantauan dan bimbingan secara online.

Untuk yang masih berada di asrama SMK Telkom Bandung, untuk PKL nya disarankan memilih PKL online di sekolah.

Penempatan PKL sesuai dengan pengumuman penempatan akhir yang disampaikan oleh panitia PKL.

Bisa mengajukan/ menentukan kelompok sendiri (yang tetap akan dipertimbangkan panitia)

Nama teman kelompok akan terlampir pada pengumuman penempatan PKL dan atau bisa mengajukan kelompok (yang tetap akan dipertimbangkan panitia) bersamaan dengan pengajuan sendiri tempat PKL.

Ada, dari sekolah yaitu pembimbing sekolah dan diantarkan kepada perusahaan/ industri. Mekanisme pengantaran via online, terutama untuk lokasi PKL di luar Bandung.

Pembimbing dari sekolah dan Pembimbing dari perusahaan / industri

Selama PKL akan ada koordinasi melalui grup WA yang terdiri dari (pembimbing sekolah, peserta PKL, dan Orang tua)

melakukan komunikasi dengan pembimbing sekolah dan pembimbing di perusahaan / industri

Jika lokasi perusahaan masih dapat dijangkau dari rumah maka tidak perlu kost.

Jika sifat PKL nya offline, disarankan siswa meyewa kamar kost yang dekat dengan lokasi PKL atau bisa tinggal di mest di lokasi PKL (jika ada).

  1. Tempat kost dekat dengan tempat PKL
  2. Tempat kost jadi satu dengan pemilik kost (untuk keamanan)
  3. Kost bisa bersama dengan siswa sesama SMK Telkom Bandung yang segender
  4. Tidak disarankan menyewa kamar kost sendiri, terkhusus siswi (untuk keamanan)
  5. Memberikan alamat kost dan nomor penanggung jawab kost kepada pembimbing sekolah
  6. Tidak diizinkan membawa kendaraan pribadi ke lokasi PKL (bagi yang kost), aturan lebih detail di Tata Tertib

Tidak wajib, tergantung kebutuhan dari perusahaan tempat PKL.

Ya. Laporan disusun secara bertahap dan pada akhir PKL sudah diselesaikan dan siap untuk dilaporkan. Format akan disampaikan kemudian.

Ya, dibayarkan setiap awal bulan berjalan

  1. Tuntas untuk semua nilai raport dari semester 1 s.d. 3.
  2. Memiliki catatan kehadiran minimal 80% dari tanggal 26 April – 19 Juni 2021.
  3. Mengikuti seluruh kegiatan Pra PKL yang dibuktikan dengan minimal 5 sertifikat Pra PKL dan jurnal Pra PKL.
  4. Mengumpulkan Scan (scan menggunakan alat scan, bukan via HP) Ijazah dan SKHUN SMP Asli melalui link berikut: http://bit.ly/uploadijazahskhun2021
  5. Mengumpulkan Scan form kesediaan PKL yang sudah ditandatangani di atas materai melalui link berikut: http://bit.ly/linkuploadformPKL2021

**Khusus bagi yang memilih PKL secara onsite / langsung di lokasi, wajib mengumpulkan Scan Surat Pernyataan Mengikuti PKL Onsite yang sudah ditandatangani di atas materi melalui link: http://bit.ly/linkuploadformPKL2021

Siswa akan melaksanakan PKL secara online di sekolah dengan pembimbing dari Tim Prodi SMK Telkom Bandung.

Ya, calon peserta PKL dapat mengajukan tempat PKL secara mandiri sesuai persyaratan dan ketentuan yang tercantum di surat pemberitahuan PKL 2021.

  1. Pertama, hubungi perusahaan yang dituju sebagai tempat PKL.
  2. Jika perusahaan tersebut bersedia menerima siswa untuk PKL, selanjutnya isi form pengajuan PKL melalui link berikut: http://bit.ly/PENGAJUANTEMPATPKL2021
  3. Setelah itu, siswa/ orang tua siswa dan pihak industri yang diajukan akan dihubungi oleh tim panitia.
  4. Ketika sudah final, siswa/ orang tua siswa akan dihubungi oleh tim panitia
  1. Silahkan isi form pengajuan PKL melalui link berikut: http://bit.ly/PENGAJUANTEMPATPKL2021
  2. Setelah itu, siswa/ orang tua siswa dan pihak industri yang diajukan akan dihubungi oleh tim panitia.
  3. Ketika sudah final, siswa/ orang tua siswa akan dihubungi oleh tim panitia

Perusahaan/ Industri yang akan siswa ajukan sebaiknya sesuai dengan Kompetensi Keahlian siswa. Di luar itu, masih memungkinkan, dengan catatan, bidang pekerjaan yang didapat siswa saat PKL, sesuai dengan Kompetensi Keahlian siswa. Tidak disarankan mengajukan PKL di perusahaan yang kurang sejalan dengan norma pendidikan (misal: Tempat Karaoke, Pabrik Rokok, dll).

Bidang pekerjaan yang sesuai dengan Kompetensi Keahlian siswa.

Ya bisa. Berikutnya siswa yang tidak mengajukan tempat PKL akan ditempatkan oleh sekolah ke perusahaan yang bekerjasama dengan SMK Telkom Bandung.