Preaload Image

In House Training (IHT) 2022

Bandung – Kamis, 17 Juli 2022, SMK Telkom melaksanakan In House Training (IHT) untuk tahun ajaran 2022 – 2023. Acara IHT yang dilaksanakan setiap tahun di awal tahun ajaran baru ini bertujuan untuk mendiskusikan rencana pembelajaran di tahun ajaran yang baru. Acara yang berlangsung dua hari, yaitu 17 – 18 Juli 2022 ini dilaksanakan di aula SMK Telkom Bandung. Acara yang dilaksanakan secara offline ini dihadiri oleh seluruh guru dan pegawai SMK Telkom Bandung.

Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala SMK Telkom Bandung, Rosyanto, M.Pd. kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Vice President Primary and Secondary Education Control and Evaluation, Ir. Yanuariadi Kusuma Baskoro, M.AB. dan sambutan dari Komite Sekolah, Dr. Daduk Merdika Mansur, S.T. M.M. Setelah itu, acara diisi dengan pemaparan dan arahan dari Pengawas SMK Telkom Bandung, Dra. Hj. Lala Susilawati, M.M.Pd.

Materi pemaparan yang disampaikan adalah tentang kurikulum yang akan diaplikasikan di tahun ajaran baru, yaitu Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Di SMK Telkom Bandung, Kurikulum Merdeka akan diimplementasikan di kelas X. Sementara itu, untuk kelas XI dan XII, kurikulum yang diimplementasikan adalah Kurikulum 2013.

Pemaparan Kurikulum Merdeka oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum

Kegiatan dilanjutkan dengan praktik pemetaan capaian pembelajaran sebagai langkah awal untuk menyusun modul pembelajaran yang akan digunakan pada kegiatan belajar mengajar selanjutnya. Dengan diterapkannya Kurikulum Merdeka ini, diharapkan pembelajaran bisa dilaksanakan lebih optimal. Dengan itu, diharapkan peserta didik bisa lebih memaknai proses kegiatan belajar mengajar dengan lebih utuh dan menyeluruh. Selain itu, dengan adanya konten pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka, diharapkan peserta didik bisa tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik dan bijaksana.

Diskusi Tim Guru

Untuk hari kedua, kegiatan masih diisi dengan pemaparan dan praktik implementasi modul pembelajaran Kurikulum Merdeka. Kegiatan tersebut didampingi oleh Agi Priatna, M.Pd. sebagai perwakilan dari tim kurikulum SMK Telkom Bandung. Setelah itu, dilanjutkan dengan koordinasi antara sekolah dengan DU/DI (Dunia Usaha/Dunia Industri) yaitu perwakilan dari PT. Telkom Akses, Ir. Lazuardi Ideandi, dan Irvan S.P yang merupakan perwakilan dari Nusa Edu. Setelah istirahat siang hari, acara dilanjutkan dengan pemaparan dari semua bidang SMK Telkom Bandung. Pemaparan bidang tersebut antara lain: bidang kurikulum; bidang Sumber Daya Manusia (SDM), administrasi, dan keuangan; bidang hubungan industri dan komunikasi; bidang IT, laboratorium, dan sarana prasarana; dan bidang kesiswaan dan karakter. Melalui kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini, diharapkan kegiatan belajar dan mengajar di tahun ajaran baru bisa dilaksanakan dengan lebih maksimal dan  optimal.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *