Preaload Image

SKILL DEVELOPMENT DAY: HUMAN COMPUTER INTERACTION (HCI)

SDD HCI

SDD HCI

Bandung – SMK Telkom Bandung melaksanakan kegiatan mingguannya, yakni Skill Development Day (SDD). Kegiatan ini diadakan setiap hari Jumat. SDD kali ini bertema Human Computer Interaction (HCI) dengan pemateri Mujahid Haqi Robani, S.Kom. Selain itu, tidak lupa digemuruhkan sapaan oleh prantacara Ahmad Fahmi Hatta, S.E. tentunya hal ini untuk menyemangati partisipan, dilanjut dengan kalimat pengantar yang disampaikan oleh Bapak Rosyanto selaku kepala SMK Telkom Bandung. Beliau berpesan untuk lebih semangat dan giat dalam belajar serta menentukan pilihan masa depan, sebab tidak lama lagi peserta didik akan melaksanakan ujian sekolah, terlebih ujian kompetensi bagi peserta didik kelas XII. Ujian ini tentunya bertujuan untuk mengukur kemampuan di bidang kejuruannya masing-masing. Selain itu, beliau juga mengingatkan bahwa sebagai manusia di era society 4.0 harus bisa mengendalikan teknologi dengan pikiran masing-masing. Teknologi juga harus digunakan dengan sebaik mungkin agar tidak ada ketergantungan. Begitulah sambutan yang disampaikan Bapak Kepala SMK Telkom Bandung.

 

Pelaksanaan SDD diikuti kurang lebih oleh 400 partisipan. Partisipan ini tentunya sangat antusias dalam mengikuti SDD yang berisi tentang bagaimana interaksi antara manusia dengan komputer atau HCI. Terdapat beberapa poin penting dalam pembelajaran HCI yang dijelaskan oleh narasumber, yaitu fokus desain UI terdapat pada keindahan tampilan, sementara fokus desain UX ada pada kepuasaan penggunaan produk. Sederhananya, desain UI akan memengaruhi kesan pertama pengguna ketika melihat produk Anda. Sementara itu, UX memengaruhi bagaimana pengalaman pengguna saat menggunakan produk. Banyak hal baru yang dapat kita peroleh dari penjelasan narasumber yang sangat bermanfaat untuk masa yang akan datang.

 

Setibanya di penghujung acara, diadakan kuesioner mengenai UI/UX dengan menggunakan google form yang berisi pilihan tentang tampilan mana yang lebih baik antara satu dengan yang lainnya dan 3 pemenang teratas mendapatkan doorprize. Jawaban dari kuesioner dibahas langsung agar semua partisipan mengerti mengenai perbedaannya.

 Evaluasi

SDD kali ini ditutup oleh narasumber dengan kalimat sederhana yang sangat bermanfaat yaitu “milikilah pemikiran growth mindset, orang yang memiliki pemikiran ini percaya bahwa kemampuan dan bakat tersebut dapat terus berkembang dengan kerja keras dan dedikasi.” – Mujahid Haqi Robani, S.Kom.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *