Preaload Image

Pesantren Kilat Ramadan 2022 SMK Telkom Bandung

Bandung – Menyambut bulan suci Ramadan, SMK Telkom Bandung melaksanakan acara pesantren kilat Ramadan 2022. Acara tahunan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membiasakan kebiasaan baik dan untuk memfasilitasi siswa untuk lebih mendalami Islam dan beribadah di bulan suci Ramadan. Acara ini berlangsung selama 4 (empat hari), yaitu dari tanggal 18 April hingga 21 April 2022. Acara pesantren kilat ini juga menjadi pesantren kilat pertama yang kembali dilakukan secara offline atau tatap muka, setelah di tahun sebelumnya dilakukan secara daring atau online karena pandemi Covid-19.

Untuk Ramadan tahun ini, acara pesantren kilat diikuti oleh seluruh siswa kelas X. Hal ini dilakukan karena siswa kelas XI tengah melaksanakan Praktik Kerja Industri (Prakerin), dan siswa kelas XII melakukan Uji Kemampuan Kompetensi (UKK), di waktu yang sama. Untuk teknis pelaksanaanya, karena masih dalam situasi pandemi, siswa kelas X dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok pagi dan siang. Untuk kelompok pagi, waktu pelaksanaannya adalah pukul 08.00 hingga 10.00. Sementara waktu pelaksanaan kelompok siang adalah pukul 10.30 hingga 12.30. Setiap kelas dibagi menjadi dua kelompok dan siswa hadir sesuai dengan waktu kelompoknya.

Peserta Sanlat SMK Telkom

Materi yang disampaikan pada sanlat tahun ini bertemakan memaksimalkan ibadah di bulan suci Ramadan. Adapun materi yang disampaikan itu berhubungan dengan kegiatan ibadah yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari hal yang sederhana seperti bersuci, tata cara salat, hingga membaca ayat suci Alquran. Tujuan dari materi yang diberikan ini adalah agar siswa dan seluruh warga sekolah lebih memperhatikan detail-detail sederhana yang mungkin sering terlewat atau terlupakan. Hal ini bisa mengurangi esensi dari ibadah yang tengah dilakukan. Melalui materi yang disampaikan ini, diharapkan semua siswa bisa beribadah dengan lebih baik dan mendalam.

Pemateri untuk acara pesantren kilat tahun ini adalah para guru dari MGMP Pendidikan Agama Islam SMK Telkom Bandung, yaitu Purwoko, M.Pd., Dini Ismawati, S.Pd.I., dan Nita Mujahidah, S.Pd.. Selain itu, ada pula materi tambahan yaitu tahsin yang disampaikan oleh Ust. Aep Taryana, Hafizhahullah.

Pemateri Sanlat SMK Telkom

Kegiatan pesantren kilat ini ditutup dengan webinar yang dipimpin oleh Dr. Syekh Thyazen Abdo Hizam Alhakimi, M.Si. dengan tema The Best Attitude for The Last Days of Ramadhan yang tidak hanya dihadiri oleh siswa dan guru, tapi juga oleh orang tua siswa.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *