Preaload Image

Pelatihan Google Workspace for Education: Fundamental and Advance oleh SMK Telkom Bandung

google ws

Bandung – Pada 18 – 29 Oktober 2021, dilaksanakan pelatihan Google Workspace for Education: Fundamental and Advance. Program ini adalah salah satu bentuk kerja sama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Yayasan Pendidikan Telkom. Pelatihan yang dibagi menjadi tiga gelombang ini diselenggarakan di lima kota dan kabupaten, yaitu Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Malang, Kabupaten Purwokerto, dan Kabupaten Sidoarjo.

Pada pelaksanaannya, setiap gelombang diikuti oleh 50 orang peserta yang berasal dari 5 sekolah. Setiap gelombang mendapatkan waktu pelatihan selama tiga hari. Adapun pelatihan itu sendiri dilaksanakan dengan dua sistem yaitu synchronous dan asynchronous, dengan pembagian waktu pukul 08.00 – 11.00 dengan sistem asynchronous, dilanjutkan dengan sistem synchronous melalui zoom meeting dengan sistem synchronous. Untuk di Kabupaten Bandung sendiri, ada 15 sekolah yang menjadi target pelaksanaan pelatihan dengan total 150 peserta yang ditunjuk langsung oleh dinas setempat.

Pelaksanaan pelatihan dibagi menjadi dua bagian, yaitu Google Workspace for Education dan pelatihan pengembangan media pembelajaran dengan memanfaatkan Filmora dan Power Point. Pelatihan yang berlangsung selama sembilan hari ini dibimbing oleh tiga trainer dari SMK Telkom Bandung. Untuk Google Workspace for Education, dibimbing oleh Agi Priatna, M.Pd. dan Ryan Noveriand R., S.T., dibagi menjadi dua jenis, yaitu pelatihan fundamental bagi pemula dan advance. Sementara untuk pemanfaatan Filmora dan Power Point sendiri dibimbing oleh Hendrayana, S.Sos.

Pelatihan Google Workspace
Pelatihan Google Workspace

Google Workspace for Education adalah transformasi dari Google Suite for Education, yaitu salah satu fitur Google yang berisi seperangkat fitur produktivitas dan kolaborasi dengan menggunakan sistem Google Cloud untuk sekolah dan lembaga pendidikan. Tujuan Google menciptakan  fitur ini adalah untuk memudahkan aktivitas para pelaku dunia pendidikan, mulai dari guru, staf, dan juga para siswa, agar menciptakan sistem belajar mengajar yang lebih baik. Khususnya di masa pandemi seperti saat ini di mana kegiatan belajar dan mengajar dilakukan secara online sepenuhnya.

Sementara Filmora adalah salah satu aplikasi sunting atau proses video. Aplikasi ini mudah untuk digunakan karena fiturnya yang sederhana, ringan, dan mudah untuk dioperasikan. Meskipun begitu, kualitas video yang dihasilkan tidak kalah mumpuni dari video yang diproses dengan aplikasi sejenis dan lebih rumit dan berat. Penggunaan Filmora yang dikolaborasikan dengan aplikasi lain, seperti Power Point, akan sangat membantu pelaksanaan pembelajaran, khususnya dalam penyampaian materi.

Melalui pelatihan ini, diharapkan materi yang disampaikan bisa bermanfaat untuk pengembangan pembelajaran online ke depannya. Dengan berbagai pilihan fitur dan aplikasi yang diberikan, diharapkan pelaksanaan belajar mengajar bisa menjadi lebih variatif dan menarik.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *