Preaload Image

Pelatihan Phyton Hari Kedua SMK Telkom Bandung

phyton hari kedua

Bandung – Jumat (29/10) lalu, SMK Telkom kembali melaksanakan pelatihan Phyton tahap kedua. Pelatihan ini merupakan kerja sama antara SMK Telkom Bandung dengan Fakultas Informatika, Telkom University. Kegiatan ini juga merupakan kegiatan kolaborasi kegiatan Skill Development Day (SDD) dan Pengabdian Masyarakat Fakultas Informatika, Telkom University. Kegiatan SDD adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan di SMK Telkom Bandung pada setiap Jumat. Kegiatan SDD ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi dan keterampilan siswa dalam berbagai bidang yang akan membantu mereka di masa depan, misalnya pengembangan diri dan keterampilan kejuruan. SDD sudah menjadi kegiatan rutin di SMK Telkom Bandung selama kurang lebih dua tahun terakhir. . Kegiatan ini juga menjadi salah satu bagian dari berbagai kerja sama antara SMK Telkom dan Telkom University.

Kemampuan pengembangan web dan perangkat lunak bisa menjadi keterampilan penting bagi siswa, khususnya siswa SMK. Lazimnya, orang lebih mengenal bahasa pemrograman dasar HTML, CSS, dan JavaScript. Namun, saat ini Phyton juga menjadi bahasa pemrograman yang sering juga digunakan. Bahasa pemrograman ini semakin banyak digunakan karena lebih sederhana dan lebih mudah diakses daripada bahasa pemrograman lain yang sering digunakan pada umumnya. Python adalah bahasa pemrograman interpretatif yang bisa dipasang pada berbagai platform, khususnya platform yang berfokus pada keterbacaan kode. Para programmer biasa menggunakan Python untuk membuat prototype, scripting guna mengelola infrastruktur, maupun pembuatan website dalam skala besar. Oleh karena itu, mempelajari Phyton bisa menajdi investasi ilmu yang sangat berharga, khususnya bagi siswa SMK.

Pelatihan Phyton ini diikuti oleh siswa kelas X Program Studi Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Kegiatan ini dibimbing oleh tiga dosen dari Fakultas Informatika, Telkom University, yaitu Febryanti Sthevanie, ST., M.T., Gia Septiana Wulandari, Ph.D., dan Mahmud Dwi Sulistiyo, Ph.D. Adapun kegiatan yang dilakukan selama pelatihan kedua adalah materi input, output, tipe data, operasi, perulangan, dan percabangan. Kegiatan pelatihan semakin menarik dengan adanya kuis melalui aplikasi Kahoot, serta pretes dan postes untuk menguji pemahaman siswa terhadap materi Phyton. Melalui pelatihan ini, diharapkan siswa bisa lebih akrab dan mahir dalam berbagai bahasa pemrograman, termasuk Phyton.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *