Preaload Image

Pelatihan Phyton untuk Siswa SMK Telkom Bandung

Pelatihan Phyton

Bandung 22 Oktober 2021 – SMK Telkom Bandung bekerja sama dengan Fakultas Informatika Telkom University mengadakan pelatihan Phyton yang diselenggarakan pada Jumat, (22/10). Pelatihan ini merupakan kolaborasi program Skill Development Day (SDD), kegiatan yang dilakukan rutin setiap hari Jumat dilaksanakan di SMK Telkom Bandung, dengan program abdi masyarakat Fakultas Informatika Telkom University. Pelatihan ini dilaksanakan dua kali, yaitu pada tanggal 22 dan 29 Oktober 2021.

Pelatihan yang diikuti oleh siswa kelas X Program Studi Teknik Komputer dan Jaringan ini membahas salah satu bahasa pemrograman yaitu Phyton. Phyton bisa dianggap sebagai bahasa pemrograman yang lebih sederhana dan mudah dipelajari dibanding bahasa pemrograman lain. Selain itu, Phyton juga termasuk bahasa pemrograman yang sudah banyak diaplikaskan pada berbagai platform yang lazim digunakan oleh masyarakat luas. Phyton adalah bahasa pemrograman interpretatif multiguna. Tidak seperti bahasa lain yang susah untuk dibaca dan dipahami, python lebih menekankan pada keterbacaan kode agar lebih mudah untuk memahami sintaks. Hal ini membuat Python sangat mudah dipelajari baik untuk pemula maupun untuk yang sudah menguasai bahasa pemrograman lain. Oleh sebab itu, bahasa pemrograman ini sangat cocok untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), khususnya di kelas X karena lebih mudah dipelajari.

Sambutan Kepala SMK Telkom Bandung
Sambutan Kepala SMK Telkom Bandung

Bahasa ini muncul pertama kali pada tahun 1991, dirancang oleh seorang bernama Guido van Rossum. Sampai saat ini Python masih dikembangkan oleh Python Software Foundation. Bahasa Python mendukung hampir semua sistem operasi, bahkan untuk sistem operasi Linux, hampir semua distronya sudah menyertakan Python di dalamnya

Pelatihan yang berlangsung selama kurang lebih tiga jam ini dibimbing langusung oleh tiga dosen Fakultas Informatika Telkom University, yaitu Febryanti Sthevanie, ST., MT dan Gia Septiana Wulandari, Ph.D. untuk materi 22 Oktober 2021. Selain itu, pelatihan ini juga dibimbing oleh Mahmud Dwi Sulistiyo, Ph.D. pada pertemuan di pekan berikutnya. Melalui pelatihan ini, diharapkan siswa bisa lebih akrab dan mahir dalam berbagai bahasa pemrograman, termasuk Phyton. Kegiatan ini juga menjadi salah satu bagian dari berbagai kerja sama antara SMK Telkom Bandung dan Telkom University.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *