Preaload Image

Pelatihan Gamifikasi Digital untuk Pembelajaran Asyik di SMK Telkom Bandung

Pelatihan Gamifikasi Digital untuk Pembelajaran Asyik di SMK Telkom Bandung

 

Bandung (9/9/21). Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang dialami oleh SMK Telkom Bandung, yang merupakan institusi pendidikan di bawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom (YPT), selalu menjadi fokus pembahasan manajemen sebagai bagian dari langkah nyata SMK Telkom Bandung dalam memberikan pelayanan kepada konsumen yang terus meningkat dari hari ke hari.

Kegiatan pendampingan tersebut mengangkat topik mengenai Gamifikasi Digital yang disampaikan oleh Bapak Rikman Aherliwan Rudawan, M.Kom., yang mana beliau merupakan dosen dari Fakultas Ilmu Terapan Telkom University. Pendampingan yang dilaksanakan saat akhir pekan ini, tidak membuat surut semangat para peserta dan juga pemateri, mereka memiliki misi yang sama dalam memajukan sebuah institusi pendidikan yang akan berguna tentunya bagi bangsa dan negara.

Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Sabtu (28/08) dengan penyampaian paparan mengenai Gamifikasi Digital yang juga dapat menjadi salah satu tools digital marketing yang dapat diterapkan pada implementasi strategi PPDB sebuah sekolah, khususnya SMK Telkom Bandung dengan Primaseru-nya. Pak Rikman mengatakan bahwa, “Gamifikasi adalah sebuah metode terbaik untuk menghasilkan bentuk pembelajaran yang asyik, menarik, dan menyenangkan bagi siswa”.

“Banyak tools yang bisa digunakan oleh guru- guru untuk menyampaikan konten pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan, diantaranya aplikasi games, kuis, atau dnegan animasi pun bisa jadi hal yang membuat sekolah ini berbeda,” ujar Rikman.

Gamifikasi Digital ini perlu menjadi tantangan baru bagi seluruh tim yang bergerak pada institusi pendidikan yang erat kaitannya dengan kegiatan PPDB atau Primaseru yang terus bergulir setiap tahunnya. Sebuah tim yang solid harus selalu bekerjasama dalam membuat konsep yang berbeda yang terus update menyesuaikan perkembangan di era digital saat ini, baik dalam masa pandemi maupun kelak saat pasca pandemi.

Penerapan strategi digital tentunya dalam Primaseru ini tidak akan hanya selesai di era pandemi saja namun ini akan menjadi penerapan yang menjadi keseharian untuk beradaptasi di era society 5.0. [MTL][WNS]

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *