Preaload Image

MAHASERU2021: Masa Adaptasi dan Pelatihan Peserta Didik Baru SMK Telkom Bandung

Bandung Senin (20/07/21). Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) adalah kegiatan pertama masuk Sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur Sekolah. Setiap tahunnya kegiatan semacam ini menjadi kegiatan perdana yang dilakukan untuk menyambut dan membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan barunya. Sejak tahun 2016 SMK Telkom Bandung melakukan perbaikan dan inovasi dalam menyelenggarakan kegiatan orientasi belajar dan masa adaptasi dengan melaksanakan kegiatan Masa Adaptasi dan Pelatihan Peserta Didik Baru SMK Telkom Bandung (MAHASERU). Sekolah menyusun rangkaian kegiatan ini berlandaskan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2016 yang dirasa sangat berguna dalam membantu Tim Kesiswaan menyusun rangkaian kegiatan untuk peserta didik baru di SMK Telkom Bandung.

Mahaseru 2021 dilaksanankan dengan tujuan terbentuknya peserta didik baru yang siap dan proaktif belajar di lingkungan SMK Telkom Bandung. Menjadi peserta didik baru yang memiliki bekal khusus dalam mengarungi dahsyatnya bahtera kehidupan SMK.

Pada kegiatan #MAHASERU2021 yang bertemakan “Even the smallest person can change the course of the future” ini, SMK Telkom Bandung mengangkat slogan “Draw your sword, Ring Hunters!” yang diadaptasi dari film The Lord of the Rings. Di mana peserta diibaratkan sebagai “Ring Hunters” yang merupakan sekelompok pahlawan yang berjuang untuk mengalahkan kegelapan dengan berusaha merebut cincin yang merupakan sumber kekuatan. Kegelapan diibaratkan sebagai tantangantantangan yang harus mereka taklukkan selama menjalani studi di SMK Telkom Bandung, baik yang berasal dari diri sendiri maupun dari lingkungan. Sedangkan cincin di sini adalah akhlak mulia dan potensi diri. Di mana keduanya ini akan membantu mereka untuk mengalahkan “kegelapan-kegelapan” tersebut, sehingga seiring waktu mereka menjadi pribadi-pribadi tangguh, berakhlak mulia dan berprestasi. “Draw your sword, Ring Hunters!” mengandung makna bahwa #MAHASERU2021 ini adalah waktu yang tepat bagi mereka untuk menyiapkan diri untuk berjuang mengalahkan “kegelapan” serta menemukan “cincin-cincin” potensi diri demi mencapai puncak yang gemilang saat masa studi di SMK Telkom Bandung.

Acara Mahaseru kali ini dibuka langsung oleh Bapak Ir. Aris Hartoni, MBT, selaku Direktur Primary Secondary dan Elementary Yayasan Pendidikan Telkom. Beliau berpesan agar seluruh peserta Mahaseru, siswa baru kelas X SMK Telkom Bandung mengikuti Mahaseru dengan sungguh- sungguh supaya siap mengikuti pembelajaran di SMK Telkom Bandung. Tidak lupa pula, agar siswa baru mempersiapkan pembelajaran dari awal agar bisa terpilih 10 besar se-angkatan untuk mendapatkan beasiswa One Pipes Education System (OPES) dari Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi di bawah pengelolaan YPT.

Mahaseru 2021 dilaksanakan secara online mulai hari Rabu, 21 Juli 2021 hingga hari Sabtu, 24 Juli 2021. Adapun materi yang akan disampaikan di Mahaseru 2021, diantaranya:

    1. Mengenal Lebih Dekat: Sekolahnya Sang Juara!
    2. Agar Ilmu Berbuah Manfaat: Etika Menuntut Ilmu di Era Digital
    3. Generasi Digital Bijak Bermedia Sosial
    4. PJJ Anti Gaje: Pembelajaran Jarak Jauh ala SMK Telkom Bandung
    5. Alumni Juara Kreatif Berkarya
    6. Biar Belajar from Home tetap Awesome: Kiat Sukses Siswa Juara
    7. Pengenalan warga sekolah (Game/Gemifikasi)
    8. Pengenalan program sekolah (Game/Gemifikasi)
    9. Pengenalan fasilitas sekolah (Game/Gemifikasi)
    10. Proyek Sosial

Di akhir sesi nanti, pelaksanaan Mahaseru 2021 akan dilaporkan kepada seluruh orang tua/ wali siswa baru pada hari Sabtu, 31 Juli 2021.

Setiap kegiatan yang dilakukan di acara Mahaseru 2021 ini, seluruh panitia Guru dan Siswa tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti: menggunakan masker, mencuci tangan, memakai handsanitizer, dan juga tidak berkerumun. Semoga acara Mahaseru 2021 dapat terlaksana dengan lancar dan aman hingga akhir. Aamiin.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *