Preaload Image

Qurban from Home: Moment to Share, Moment to Care

Bandung (20/07).Situasi pandemi dan (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) PPKM tidak menghalangi SMK Telkom Bandung untuk tetap menyemarakkan Hari Raya Idul Adha 1442 H dengan kegiatan Qurban. Kegiatan ini tentunya dilaksanakan dengan memperhatikan arahan dari pemerintah mengenai pelakasanaan ibadah qurban dalam situasi PPKM. Dengan mengoptimalkan berbagai platform digital yang ada, warga SMK Telkom Bandung tetap dapat menyaksikan live kegiatan qurban dari rumah masing- masing. Selain untuk memfasilitasi mudhohi untuk berqurban, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan edukasi kepada warga SMK Telkom Bandung terutama siswa/ i mengenai keutamaan dan tata cara pelaksanaan ibadah qurban.

Menyesuaikan dengan kondisi PPKM yang tidak memungkinkan siswa untuk langsung menyaksikan kegiatan di sekolah, Rohis Care sebagai pelaksana kegiatan Qurban 1442 H mengangkat tema “Qurban from Home: Moment to Share, Moment to Care”. Tema ini diharapkan dapat menguatkan ukhuwah umat Islam serta semangat untuk terus berbagi terlepas segala macam keterbatasan.

“Sebaik- baik manusia yang paling bermanfaat bagi yang lainnya. Seperti boomerang, what you give, what you get”, terang Pak Krisnha Prasetyo Surendro, S.Pd., M.T. selaku Kepala SMK Telkom Bandung dalam sambutannya mengawali pelaksanaan Qurban From Home. Selaras dengan Pak Krisnha, Bapak Ir. Aris Hartoni, MBT selaku Direktur Primary Secondary dan Elementary Yayasan Pendidikan Telkom, turut memberikan arahan,”Who gives more will get more”.

Dalam acara yang dilaksanakan pada tanggal 20 Juli 2021, Rohis Care berhasil memfasilitasi 8 orang mudhohi untuk berqurban. Termasuk salah satunya dari keluarga Bapak Ir. Aris Hartoni, MBT. Adapun mudhohi kegiatan Qurban 1442 H tahun ini adalah sebagai berikut.

Gabungan Sapi :

    1. Keluarga Bapak Agus Dedi Hidayat
    2. Harnanditya Mahendra
    3. Ulil Albab Taufiq
    4. Abdullah Azzam
    5. Agung Ansyah Heryana
    6. Septa Guryadi
    7. Keluarga Bapak Rani Rusiawan

Domba :

    1. Evan Pradanika bin Aris Hartoni
    2. Keluarga H. Gunawan Prasetyo Utomo

Penyembelihan hewan qurban dilaksanakan di V Residence Baleendah bekerja sama dengan Lembaga Insan Charity. Penyembelihan ditayangkan melalui aplikasi virtual meeting zoom, agar seluruh warga SMK Telkom Bandung beserta para mudhohi dapat menyaksikan prosesnya. Penyembelihan dimulai pukul 08.00 WIB yang didampingi oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang IT, Laboratorium, dan Sarana Prasarana yaitu Bapak Mohammad Jaka Guningrat, S.T., M.M.. Beberapa panitia kegiatan ikut membantu proses penyembelihan serta meliput pelaksanaan kegiatan.

Proses penyembelihan hewan qurban ditayangkan diiringi dengan penjelasan serta tausyiah dari Bapak Purwoko, S.Ag., M.Pd. sebagai Guru PAI SMK Telkom Bandung. Ada beberapa yang dijelaskan oleh Bapak Purwoko diantaranya Syarat Hewan Qurban, Sejarah Qurban, Konsep Ibadah Qurban, Cara Memotong Hewan Qurban, Cara Menguliti (memisahkan kulit dengan daging), Cara Distribusi, dan Manfaat dari Berqurban.

Setelah proses penyembelihan hewan qurban selesai dilaksanakan, dilanjutkan dengan proses pemotongan dan pengemasan. Dan nanti daging hewan qurban akan dibagikan ke warga Radio RW 12. Setiap kegiatan yang dilakukan di Acara Qurban 1442 H ini, seluruh panitia tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti: menggunakan masker, mencuci tangan, memakai handsanitizer, dan juga tidak berkerumun. Semoga kita semua tetap bisa menjalankan ibadah dengan lancar dan aman.

Penulis: Ghefira Salma Tsurayya (XII TJAT 1)  |  Editor: Arini Fitri, S.SI.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *