Preaload Image

Persiapan Pembelajaran New Normal, SMK Telkom Bandung Menggelar Rapat In House Training

–  Sebagian dari kita pasti tak asing lagi dengan istilah New Normal. Istilah itu telah cukup sering digembar-gemborkan  beberapa pekan terakhir ini, sebagai jawaban dari pandemi virus corona yang belum juga menampakkan tanda-tanda akan berakhir, setidaknya di Indonesia. 

      Kini, semua sektor bersiap menjalani tatanan kehidupan baru yang dimaksud, tidak terkecuali dunia pendidikan.  Mulai dari bagaimana cara melakukan aktivitas di luar rumah hingga menciptakan sebuah atmosfer yang menyenangkan saat belajar. Singkat kata, kita akan berkenalan dengan cara belajar di era new normal

     Inilah mengapa sebuah platform pembelajaran jarak jauh idealnya tidak untuk menggantikan peran masing-masing stake-holder yang ada di ekosistem sekolah, baik itu guru, orang tua dan sekolah itu sendiri. Karena sejatinya, pendidikan lebih dari sekadar perpustakaan literasi. Pendidikan butuh sistem yang tidak hanya akan membuat siswa pintar secara akademis, tapi juga berkarakter. Dan lebih dari itu, siswa butuh interaksi untuk mendapatkan bimbingan, agar proses belajarnya lebih terarah dan efisien.

In House Training ( IHT ) SMK Telkom Bandung dilaksanakan pada 6-8 Juli 2020

Pemerintah telah mengumumkan skema kegiatan belajar-mengajar selama penerapan new normal. Menurut Mendikbud Nadiem Makarim, hanya sekolah di zona hijau saja yang diperbolehkan menggelar kegiatan belajar-mengajar tatap muka, itu pun dengan protokol kesehatan yang ketat. Dengan begitu SMK Telkom Bandung menggelar rapat In House Training ( IHT )

Baca Juga : Berkah Di Tengah Wabah

     Rapat tersebut diselenggarakan guna mengetahui tujuan  perubahan kurikulum, pengenalan sistem baru, pengenalan program baru, optimalisasi pada fungsi pengawasan pembelajaran ditengah pandemi Covid-19, penataan guru sebagai tuntutan zonasi guru dan penyegaran suasana pembelajaran disekolah, perencanaan moda dan strategi pembelajaran diera New Normal pendidikan dan juga pengenalan cara bahan ajar yang akan dilaksanakan secara daring mulai pada Senin (13/07/2020) mendatang.

Kegiatan In House Training (IHT) ini dihadiri oleh semua guru SMK Telkom Bandung dengan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penyebaran COVID-19. Selain penerapan protokol kesehatan seperti menyediakan keran dan tempat cuci tangan yang dilengkapi dengan sabun, pengukuran suhu tubuh, menggunakan face shield, warga sekolah sebelum masuk ke lingkungan sekolah, memakai masker dan menyediakan hand sanitizer, rapat tersebut juga diberi jarak 1 meter depan, kanan dan kiri.

Baca Juga : New Normal, New School?

Para guru juga di harapkan untuk mpersiapkan diri dalam menyambut new normal di sekolah. Proses Pembelajaran mungkin agak sedikit berbeda dengan biasanya dan juga memastikan agar anak-anak didik mematuhi setiap panduan yang sudah diterapkan guna mencegah penyebaran COVID-19.

     Intinya semua tenaga pendidik baik itu para guru dan kepala sekolah harus mengerti apa itu new normal dan bagaimana penerapannya di sekolah. Hal itu wajib dilakukan agar membuat nyaman para orang tua siswa dan juga siswa sendiri saat mengikuti kegiatan belajar disekolah.

Bagian Artikel Ini

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *