Preaload Image

Hari Guru Sedunia “Membantu Semua Peserta Didik Mengembangkan Potensi Terbaik”

Hari Guru Sedunia diperingati setiap 5 Oktober sejak tahun 1994. Tapi, tahukah Kamu? Bahwa peringatan Hari Guru Sedunia, pada 5 Oktober itu tidak bersamaan dengan peringatan Hari Guru Nasional di negara lain? Contohnya saja di Indonesia. Hari Guru Nasional Republik Indonesia diperingati bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia pada 25 November.

Tujuan diperingatinya Hari Guru Sedunia tersebut untuk memberi dukungan kepada guru. Terlebih, agar meyakinkan mereka bahwa keberlangsungan generasi masa depan salah satunya ada di genggaman guru.

Menurut UNESCO, Hari Guru Sedunia mewakili sebuah kepedulian, pemahaman, dan apresiasi yang ditampilkan demi peran vital guru, yaitu mengajarkan ilmu pengetahuan dan membangun generasi.

Tidak hanya sebatas penghargaan atas jasa-jasa guru di dunia, Hari Guru Sedunia juga menjadi tolok ukur terkait hak, tanggung jawab, dan kegiatan belajar mengajar yang telah dilaksanakan. Momentum peringatan di tahun ini kiranya juga akan fokus menyorot kegiatan guru yang mengajar dari rumah akibat pandemi COVID-19.

Harapannya, guru di seluruh dunia selalu diberi kesehatan dan kesabaran dalam mendidik putra-putri bangsa. Meskipun dengan berbagai halangan dan rintangan yang semakin berat dihadapi, bukanlah sebuah alasan menurunnya kualitas pendidikan. COVID-19 bukan penghalang pendidikan bagi dunia.

Doa dan harapan bukan sekadar oleh kita untuk guru, perlu diingat, tanpa hari-hari peringatan tentang siswa, guru selalu mendoakan dan memberikan yang terbaik segala yang terbaik. “Menjadi guru adalah pekerjaan yang menyenangkan dan penuh tantangan. Pesan Bapak, kejar dan wujudkan cita-cita. Harapan Bapak bisa terus mengajar dan membantu semua peserta didik mengembangkan potensi terbaik mereka.” Jelas Bapak Aep.

Jurnalistik SMK Telkom Bandung (14/10/20)

Bagian Artikel Ini

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *