Preaload Image

DESKRIPSI UMUM

Sekolah merupakan institusi pembelajaran yang bertugas menumbuhkan wawasan sekaligus mengembangkan budaya belajar. Sebagai tempat belajar, sekolah dituntut menyediakan wadah bagi peserta didiknya untuk bisa mengembangkan diri. Sebab peran sekolah tidak hanya sebagai penyemai ilmu dan pengetahuan, lebih dari itu Sekolah diuntut berperan aktif menumbuhkembangkan etika dan norma kebaikan yang berlaku di masyarakat ke dalam setiap pribadi peserta didik. Untuk mewujudkannya, guru dan peserta didik harus bersinergi dalam mewadahi pelbagai minat, bakat, dan kebutuhan peserta didik. Oleh sebab itu, menjadi sebuah keharusan adanya kegiatan pengembangan diri baik yang diwadahi dalam ekstrakulikuler, komunitas, maupun kegiatan terprogram rutin lainnya.

Kegiatan pengembangan diri merupakan kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran sebagai bagian integral dari isi kurikulum sekolah. Kegiatan pengembangan diri merupakan upaya pembentukan watak dan kepribadian peserta didik salah satunya melalui kegiatan pengembangan karakter yang disesuaikan dengan budaya setempat dan kebutuhan sekolah. Berawal dari pemikiran inilah, kami merasa perlu dan penting diselenggarakannya rangkaian kegiatan Masa Adaptasi dan Pelatihan Peserta Didik Baru (MAHASERU), Pendidikan Integritas dan Orientasi Kedisiplinan (PATRIOT), dan Kamp Pelatihan Unggul (KAMPIUN) untuk peserta didik di SMK Telkom Bandung.

 

MAHASERU

Masa Adaptasi dan Pelatihan Peserta Didik Baru (MAHASERU) merupakan kegiatan pengenalan Lingkungan Sekolah Menengah Kejuruan Telkom Bandung yang dilakukan untuk menyambut dan membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan barunya. Kegiatan ini adalah kegiatan pertama masuk Sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur SMK Telkom Bandung.

Tujuan dilakukannya kegiatan MAHASERU adalah terbentuknya peserta didik baru yang siap dan proaktif belajar di lingkungan SMK Telkom Bandung. Menjadi peserta didik baru yang memiliki bekal khusus dalam mengarungi dahsyatnya bahtera kehidupan SMK.

PATRIOT

Pendidikan Integritas dan Orientasi Kedisiplinan (PATRIOT) adalah rangkaian kegiatan bagi siswa-siswi kelas X di SMK Telkom Bandung. Setelah purna menjalani Masa Adaptasi dan Pelatihan Peserta Didik Baru (MAHASERU) selama tiga hari, kegiatan PATRIOT ini dilaksanakan selama kurang lebih sembilan bulan oleh siswa-siswi SMK Telkom Bandung. Siswa-siswi akan menjalani agenda pekanan yang untuk membangun integritas, kedisiplinan, dan sikap dasar. Pemilihan nilai integritas dan disiplin sendiri merupakan wujud perhatian dan komitmen Kesiswaan SMK Telkom Bandung dalam membentuk lulusan yang memiliki nilai dan karakter tersebut. Tim Kesiswaan melakukan riset terhadap industri dan tren anak usia SMK saat ini, yang menunjukkan bahwa integritas menjadi nilai yang paling dibutuhkan di dunia kerja dan akademik. Setelah melakukan serangkaian diskusi, Tim Kesiswaan merumuskan nilai dasar yang wajib ditanamkan dalam kegiatan PATRIOT ini yang menjadi core value atau nilai inti. Adapun ketujuh nilai tersebut berasal dari 18 nilai-nilai dalam pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan dipadukan dengan 9 nilai integritas yang disusun oleh Komisi Pemberantasan Korupsi RI.

Nilai inti Patriot:

  1. Proaktif
  2. Jujur
  3. Disiplin
  4. Mandiri
  5. Tanggung Jawab
  6. Kerja Keras
  7. Peduli

KAMPIUN

Kamp Pelatihan Unggul (KAMPIUN) merupakan kegiatan pelatihan dengan berkemah di alam bebas selama tiga hari dua malam. KAMPIUN sendiri merupakan puncak dari kegiatan Pendidikan Integritas dan Orientasi Kedisiplinan (PATRIOT). Peserta didik yang telah lulus PATRIOT wajib mengikuti kegiatan KAMPIUN untuk melakukan pembaretan sebagai simbol bahwa peserta didik tersebut telah dialihkan statusnya dari siswa/peserta didik baru menjadi siswa SMK Telkom Bandung. Kegiatan ini menjadi salah satu syarat agar siswa SMK Telkom Bandung bisa mengikuti kegiatan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) di kelas XI nanti.

Tujuan diadakannya KAMPIUN adalah agar siswa tidak hanya  pintar dalam pelajaran tapi juga memiliki sifat baik dan berprilaku / etos hidup yang kuat. Dengan mengikuti kegiatan ini, diharapkan peserta didik akan menjadi sumber daya insani yang siap dalam kondisi dan situasi apapun, serta mampu mengambil keputusan secara tepat dan cepat, serta dapat memenuhi kebutuhan industri.

Nilai dasar KAMPIUN:

  1. Pelopor (Peka, Inisiatif, Berani Aksi)
  2. Mandiri (Pantang Jadi Beban, Qonaah, 3M: Mulai dari diri sendiri, Mulai dari yang terkecil, Mulai saat ini juga)
  3. Khidmat (Senang Menolong, Menyempurnakan, Tulus)