Preaload Image

Wadah Pengembangan Minat, Bakat, dan Keterampilan Siswa

Ekstrakurikuler merupakan wadah yang disediakan oleh SMK Telkom Bandung untuk menyalurkan minat, bakat, hobi, kepribadian, kreativitas, dan keterampilan peserta didik yang dapat dijadikan sebagai alat untuk mendeteksi sekaligus mengembangkan talenta peserta didik. Kegiatan ekstrakurikuler di SMK Telkom Bandung dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu ekstrakurikuler wajib, ekstrakurikuler pilihan, dan ekstrakurikuler kompetensi keahlian.

Ekstrakurikuler Wajib

PASKIBRA

Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) merupakan ekstrakulikuler yang menanamkan dan melatih rasa kedisiplinan, kepemimpinan, serta kebersamaan antar anggota. Di dalamnya kami mempelajari peraturan baris-berbaris, pengibaran bendera, dan juga variasi formasi. Paskibra yang didirikan pada tanggal 17 Agustus 2013 memiliki tugas utama mengibarkan bendera di setiap hari Senin dan PHBN.

Prestasi Paskibra :

  1. Juara 3 Pengetahuan Umum tingkat Jawa Barat di MAN Majalaya
  2. Juara Kostum Favorit Pada Lomba PBB tingkat SMA/SMK di Telkom Schools Competition 2017
  3. Mengirimkan wakil pada Paskibra Kabupaten Bandung

PMR

Palang Merah Remaja (PMR) adalah ekstrakurikuler dan organisasi yang bergerak di bidang kemanusiaan yang memberikan ilmu medis, kesiapsiagaan bencana dan ilmu kemanusiaan, serta berbakti kepada masyarakat.

Prestasi PMR :

  1. Juara Umum IV Lomba Interaktif Gabungan Kemanusiaan PMR Tingkat WiranSe-Jawa Barat 2015
  2. Juara II Kepemimpinan Wira – KONI Jawa Barat (pada Liga Kemanusiaan IV tahun 2015)

PRAMUKA

Praja Muda Karana (Pramuka) SMK Telkom Bandung didirikan pada 1 september tahun 2013. Pada tahun 2015/2016 Pramuka masih dalam keadaan belum resmi, kemudian pada tahun tersebut dibentuklah Saka Telematika yang memiliki 50 orang. Di tahun pelajaran 2016/2017 Pramuka mengurus peresmian Gudep.

Prestasi PRAMUKA :

  1. 8 Piala Alkas tingkat Jawa Barat
  2. Mengirim Kontingen E-BAN bersama Mabes TNI dan Telkom Indonesia untuk menyambungkan komunikasi daerah terdepan di Kalimantan

Rohis CARE

Kerohanian Islam Cahaya Remaja (Rohis CARE) adalah organisasi siswa yang fokus untuk memperdalam ajaran Agama Islam. Fungsi dari Rohis CARE sendiri adalah guna berbagi ilmu pengetahuan Islam dalam membentuk sebuah forum, pengajaran, dan dakwah.

Prestasi Rohis CARE :

  1. 2x Juara 1 Nasyid se – Jawa Barat
  2. Juara 1 Debat Islam se – Jawa Barat
  3. Juara 3 Juara 3 Nasyid MAN Majalaya

Rohis CARE memiliki sub unit :

Nasyid
Nasyid adalah seni dalam bidang suara yang lirik dari nyanyian tersebut mengandung arti dari kisah para nabi, memuji Allah, atau kata-kata nasihat. Prestasi yang sudah Nasyid dapat adalah :

  1. Juara 1 Jawa Barat (Majalaya)
  2. Juara 2 Jawa Barat (Majalaya)
  3. Juara 2 Jawa Barat (UIN)

Tahfidz
Tahfidz adalah sebuah ekstrakurikuler yang akan melahirkan Hafidz Qur’an Muda. Di ekstrakurikuler ini, kita menghafal Al-Quran dan juga mempelajari atau mengkaji isi dari Al-Quran dengan metode yang berbeda dari yang lainnya. Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) sangat mengapresiasi adanya ekstrakurikuler Tahfidz sehingga YPT menyediakan beasiswa untuk yang memiliki hafalan cukup banyak.

English Club

English Club merupakan wadah bagi siswa siswi SMK Telkom Bandung agar dapat mengembangkan dan belajar bersama semua hal tentang berbahasa Inggris. English Club merupakan tempat untuk siswa-siswi yang mau belajar bersama.

Prestasi English Club :

  1. Mengikuti pertukaran pelajar yang diadakan oleh AIESEC dan dikirim ke Australia pada tahun 2015.
  2. Juara 2 Lomba Story Telling pada tahun 2017.

Ekstrakurikuler Pilihan

Math Club

Mathematics Club adalah ekstrakurikuler yang erat hubungannya dengan pelajaran Matematika, padahal sebetulnya yang dipelajari memang Matematika bukan Bela Diri atau Seni Lukis. Math Club dikemas dengan metode yang berbeda dan lebih fun, namun tidak mengurangi inti kegiatan yang dilaksanakan. Math Club biasanya kumpul pada hari Kamis dan dibimbing oleh guru-guru Bahasa Mandarin Matematika SMK Telkom Bandung.

Telkom Basketball

Tim Basketball SMK Telkom Bandung di bentuk pada angkatan pertama dan rutin mengikuti event berskala regional. Tim Basket rutin melakukan latihan setiap hari Selasa dan Kamis, kami juga mengadakan latihan tanding dengan SMK atau SMA lain di sekitar Kabupaten Bandung dan Kota Bandung. Kami juga mengadakan kegiatan tahunan setiap bulan Ramadhan.

Prestasi Tim Basket :

  1. Juara 3 LBTM Putri 2015
  2. Juara 4 LBTM Putra 2015
  3. Juara 4 LBTM Putri 2016

Telkom Generation Futsal

Telkom Generation Futsal (TGF) ini adalah nama tim futsal SMK Telkom Bandung. TGF sudah mempunyai beberapa generasi yang selalu mengikuti tournament event-event futsal di Kota Bandung maupun Kabupaten Bandung. TGF mendapatkan sebuah prestasi saat mengikuti event Telkom Schools Art & Sport Competition mendapat juara 1 dan 4.

Nihon No Sekai

Nihon no Sekai disingkat menjadi Niosei atau Ninosei adalah ekstrakurikuler yang bergerak di bidang pendidikan, budaya dan komunitas Jepang. Nihon no Sekai berdiri bersamaan dengan sekolah SMK Telkom Bandung, selalu berusaha memberi informasi, memperkenalkan dan menyajikan berbagai hal yang berkaitan dengan Jepang, terutama dalam bidang pendidikan, seni budaya, dan Jepang.
Niosei sendiri memiliki pertemuan rutin setiap hari Rabu dengan membahas yang berhubungan dengan Budaya Jepang seperti Shuuji, Bahasa, Manga, Cosplay, Papercraft, Cover Dance, dan Budaya Jepang lainnya.

Ekstrakurikuler Kompetensi Keahlian

JAFO Club

Ekstrakurikuler Jaringan Akses Fiber Optik (JAFO Club) adalah ekskul yang mempelajari kabel fiber optik seperti pengenalan kabel, pembuatan jaringan fiber optik. Di mana JAFO ini adalah satu-satunya pelajaran yang hanya ada di SMK Telkom Bandung di lingkup Jawa Barat. JAFO juga sangat diperlukan di zaman yang modern ini. Karena di zaman modern ini, jaringan/teknologi sangat amat dibutuhkan, karena itu fiber optik memiliki banyak keuntungan di banding kabel-kabel lainnya. Aktivitas anggota JAFO dipusatkan di Lab TJA dan dipandu oleh Guru-guru Kompetensi Keahlian TJAT.

CINES

Cinematography Club (CINES) merupakan ekstrakurikuler yang mempelajari tentang basic dunia perfilman. Di antaranya : membentuk dan menjadi kru produksi film, menjadi aktor dan sutradara film sampai pembelajaran basic teknik pengambilan gambar dan masih banyak lagi.
CINES sangatlah cocok bagi teman-teman yang suka sekali akan dunia perfilman, karena di sini kita bisa mengasah kemampuan, mengeluarkan ide, dan menyalurkan kreativitas kita, maka dari itu bergabung bersama kami di Cinematography SMK Telkom Bandung.

Tekajombs Zone

Tekajombs Zone adalah wadah kreativitas, keterampilan, dan penelitian siswa SMK Telkom Bandung terkhusus dari Kompetensi Keahlian TKJ. Di Tekajombs, Guru dan siswa berbagi dan berkutat di berbagai hal terkait dengan perakitan komputer, instalasi dan maintenance jaringan, robotik, pembuatan aplikasi Android, Internet of Things, sampai teknologi terbaru seperti Virtual Reality dan Augmented Reality.

Apa yang selama ini dipelajari di kelas akan dipelajari lebih mendalam di Tekajombs Zone, yang memusatkan aktivitasnya di Lab PPC/Hardware setiap sepulang Sekolah.